Yuk, Kenali Jenis Kopi yang Ada di Cafe Kekinian

Ketika berkunjung ke cafe estetik di Bandung, pasti kamu sering melihat beberapa nama kopi dalam bahasa asing.

Supaya tidak bingung, kami akan menyajikan beberapa jenis kopi yang biasa hadir di menu cafe kekinian.

Jadi, kamu bisa langsung memesan tanpa harus menebak seperti apa bentuk kopi yang akan hadir nanti. Yuk, langsung nikmati kopi berikut!

Espresso

Kopi pertama yang akan dibahas adalah espresso. Kopi ini biasa ditemukan di cafe dan peminatnya rata-rata mereka yang menyukai kopi pahit tanpa gula. Terbuat dari biji kopi yang digiling, lalu diseduh dengan sedikit air panas.

Untuk menikmatinya, kopi ini biasanya disajikan di gelas kecil bersama dengan sekeping biskuit atau cookies sebagai penawar rasa pahit. Jika kamu ingin espresso yang lebih pahit lagi karena butuh asupan kafein tinggi, pesanlah doppio, atau double shot espresso.

Americano

Kopi yang sering sekali hadir di hampir semua drama Korea ini memiliki warna dan kadar kekentalan di bawah espresso.

Pasalnya, kopi yang dipopulerkan di Amerika Serikat ini adalah espresso yang ditambah lagi dengan air agar rasanya ringan. Biasanya americano tidak diminum dengan gula, tetapi tidak masalah jika kamu ingin menambahkan sedikit gula.

Macchiato

Macchiato adalah kopi espresso yang ditambah dengan sedikit busa/foam dari susu di atasnya. Rasanya tentu lebih ringan dan tidak terlalu pahit.

Oh iya, macchiato biasanya sering ditambahkan perisa lain agar rasanya lebih nikmat.

Affogato

Ingin pahitnya espresso tapi juga mau manisnya es krim? Pesan saja affogato!

Kopi ini adalah campuran dari espresso dan es krim vanilla. Biasanya disajikan terpisah, kopi di gelas kecil dan es krim di gelas khusus. Ketika akan dinikmati, tuang kopi espresso ke atas es krim dan langsung disantap.

Jangan ditunggu hingga es krim mencair seluruhnya karena rasanya pasti berbeda.

Latte

Nah, daripada menunggu affogato mencair, sebaiknya pesan saja latte. Latte terbuat dari espresso yang dicampur dengan steamed milk lalu ditambah foam di atasnya.

Biasanya barista sering menggambar di atas minuman ini menggunakan susu dan foam sebelum disajikan ke pelanggan. Skill yang dinamakan latte art ini umum dimiliki oleh barista untuk memikat pelanggan.

Semua kopi di atas bisa kamu buat sendiri tanpa perlu ke cafe. Asalkan memiliki mesin kopi dan biji kopi terbaik, membuat kopi dimana pun bisa. Baik di rumah maupun di tempat glamping di Bandung pun, pasti jadi bisa. Nah, kira-kira jenis kopi apa yang akan kamu buat pertama kali?

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *