Virus Trojan : Sejarah, Bahaya, Jenis-jenisnya, dan Cara Pencegahannya!

virus trojan

Virus Trojan merupakan salah satu jenis virus komputer yang cukup dikenal masyarakat luas karena cukup eksis menjangkit banyak komputer. Sama halnya dengan virus pada umumnya, Trojan Horse ini bisa merusak komputer yang diserang.

Bentuk fisik dari virus ini sih seperti perangkat lunak yang kita kenal. Terlihat tidak berbahaya, namun ketika diaktifkan bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem atau jaringan komputer.

Usut punya usut dari beberapa sumber yang terpercaya, pemberian nama Trojan ini unik. Kenapa bisa begitu? Karena pemberian nama Trojan Horse merujuk pada sebuah peristiwa sejarah tentang runtuhnya Benteng Troya yang dikenal tidak bisa ditembus musuh.

Suatu ketika Prajurit Sparta menggunakan strategi menyusup dengan patung kuda besar dan ketika hendak memasuki kota di malam hari mereka keluar dan bergerak. Tak lama berselang dari kejadian itu, Kerajaan Troya jatuh ketangan musuh.

Mau tau cara ampuh untuk menghilangkan virus komputer? Silahkan baca cara menghilangkan virus di laptop.

Konsep seperti itulah yang diadaptasi pada Virus Trojan Horse yang dikenal mampu menembus pertahanan komputer. Ya walaupun tidak langsung menyerang, virus ini sengaja berdiam dalam komputer dengan sabar. Dan sewaktu pertahanan komputer lengah, virus ini langsung menyerang dengan ganas.

Bahaya Virus Trojan Horse

Seperti yang sudah saya singgung di atas, virus ini tidak seperti virus komputer lainnya. Dimana virus lain langsung menampakkan diri dengan kemunculan file-file aneh atau hal lainnya. Sedangkan Virus Trojan Horse seperti hantu yang tak kasat mata yang bergerak secara diam-diam.

Trojan Horse biasanya dibuat oleh seseorang dari kejauhan dalam wujud program seperti pada umumnya (.EXE atau .COM). Pergerakan dari Trojan ini dapat dikendalikan dari jauh karena adanya tujuan-tujuan tertentu.

Tujuannya sih bermacam-macam sob, mulai dari mencuri data-data penting seperti password, informasi, data kartu kredit, atau lainnya.

Virus Trojan ini biasanya melakukan pengrusakan dengan cara menghaus file secara acak pada komputer sobat. Sebelum disusupkan ke dalam komputer, seorang cracker atau attacker terlebih dulu membobol sistem (biasanya sih lewat internet) lalu memasukkan file dengan sumber yang tidak jelas.

Salah satu antivirus terbaik untuk OS Windows adalah Windows Defender. Silahkan baca cara mengaktifkan Windows Defender (Windows 7, 8, dan 10).

Jenis-jenis Virus Trojan Horse

Hingga detik ini, ada cukup banyak Virus Trojan yang sudah teridentifikasi. Sebelum saya menjelaskan tentang bagaimana pencegahannya, ada baiknya sih sobat tekno tau terlebih dahulu dengan jenis-jenisnya. Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Data Sending Trojan

Jenis Trojan ini diciptakan untuk mengambil data penting seperti password, data akun, file, nomor kartu kredit, dan lain-lain. Pengambilan data biasanya dilakukan dengan cara pencarian ke seluruh komputer.

Sistem kerjanya sih sebenarnya simpel yakni dengan merekam tombol yang sobat tekan saat memasukkan data penting seperti password. Setelah merekam tombol, lalu dikirim ke hacker atau pembuat Data Sendring Trojan.

2. RAT (Remote Access Trojan)

Jenis virus ini memberikan akses penyerangan untuk memegang kontrol penuh pada komputer yang berhasil disusupi. Biasanya sih RAT ini disembunyikan dalam program-program kecil atau game sehingga sobat tidak menimbulkan kecurigaan sedikitpun. Ngeri banget sih jenis virus trojan yang satu ini.

3. Proxy Trojan

Virus jenis ini dirancang khusus untuk bisa menyusup ke dalam komputer kemudian membuatnya sebagai Server Proxy. Setelah itu terjadi, maka keamanan akan menjadi mudah dan memberikan peluang untuk terus mengeksploitasi komputer yang telah disusupi tersebut.

Dampak paling buruk adalah ketika jaringan lain yang diserang akan tetapi mengguna sistem sobat yang sudah tersusupi.

4. Destructive Trojan

Jenis virus Trojan yang satu ini memiliki kemampuan untuk merusak dan menghancurkan fle dalam komputer yang telah disusupi. Terlebih lagi jika antivirus tidak mampu mendeteksi kehadiran virus ini. Tentu sangat merepotkan sekali.

5. Dos Dojan (Denial of Service Trojan)

Virus ini lebih memfokuskan untuk merusak pada jaringan komputer dengan membanjiri lalu lintas yang mengakibatkan komputer sobat menjadi down. Biasanya sih dengan mengekploitasi keterbetasan IP Protocol pada komputer.

6. Security Software Disable Trojan

Jenis Trojan yang satu ini tidak bisa dikirim sendiri melainkan bersama dengan virus lain karena bersifat hanya sebagai pendukung saja. Biasanya bertugas untuk menghancurkan keamanan dalam komputer seperti antivirus, firewall, dan lain-lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Cara Mencegah Virus Trojan Horse

Seperti janji saya di atas, setelah sobat tekno mengetahui beberapa jenis virus trojan yang ada di dunia. Selanjutnya, saya ingin berbagi tentang bagaimana sih mencegah virus tersebut.

Keberadaan virus ini seringkali dianggap sepele bagi sebagian orang, padahal dampak dan kerusakannya sangat mengerikan. Untuk itulah dibutuhkan langkah kongkrit guna menanggulangi atau setidaknya meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Poin paling penting dalam mencegah Virus Trojan masuk ke komputer versi teknobaik.com adalah dengan menginstall antivirus. Usahakan antivirus yang sobat miliki selalu diupdate agar fitur yang disediakan bisa powerfull.

Jangan lupa untuk mengaktifkan Firewall bawaan dari OS atau bahkan Firewall luar untuk menambah keamanan dari komputer sobat.

Karena penyebaran virus ini via internet, ada baiknya sobat tekno mulai kurangi kebiasaan mengunduh software bajakan dari website penyedia software bajakan yang banyak tersedia di internet.

Hal ini dikarenakan, para hacker seringkali menyusupkan Trojan Horse pada aplikasi bajakan. Jika sudah terlanjur atau terpaksa mengunduh software bajakan dari website-website tersebut, langsung saja scan menggunakan antivirus yang sobat miliki.

Dan jangan pernah juga menonaktifkan antivirus, karena bisa saja saat di scan Virus Trojan tidak terdeteksi. Namun pada kenyataanya virus tersebut bersembunyi dan pada saat keamanan komputer sobat melemah. Virus tersebut akan langsung menyerang. Mengerikan sekali!

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang Virus Trojan Horse. Jika tulisan ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya kepada teman atau sanak saudara agar mereka juga bisa mengetahui tentang keganasan virus ini. Sekian dan terima kasih!

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *