Pesona Keindahan Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan Kalimantan Timur adalah salah satu destinasi yang bisa menjadi ‘pengganti’ Raja Ampat. Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau di provinsi Kalimantan Timur.

Kepulauan ini berisi beberapa pulau seperti Derawan, Sangalaki, Kakaban, Maratua, Panjang, dan Pulau Samama. Ada juga terumbu karang dan pulau-pulau kecil yang indah.

Kepulauan Derawan memiliki beberapa resor menyelam di mana Anda dapat menginap dan menikmati pemandangan di sana.

Kepulauan Derawan adalah surga tropis yang sempurna dengan pulau-pulau yang hangat dan terisolasi, pantai pasir putih lembut yang dikelilingi pohon palem melambai, laut jernih yang berubah warna dari hijau menjadi biru tua. Apa yang membuat kepulauan ini menarik dikunjungi?

Cara Menuju Kepulauan Derawan

Per Mei 2015, Anda bisa naik Sriwijaya Air yang terbang langsung dari Jakarta ke Bandara Kalimarau di Berau. Jika Anda datang dari luar Indonesia, satu-satunya bandara internasional di Kalimantan Timur adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (sebelumnya dikenal sebagai Bandara Sepinggan) di Balikpapan.

Dari Balikpapan Anda dapat pergi ke Tarakan atau Berau dengan pesawat yang lebih kecil, tetapi tidak ada penerbangan dari Balikpapan ke Derawan. Meskipun Tarakan lebih jauh dari Balikpapan daripada Berau, dengan pesawat yang lebih besar, tiket dari Balikpapan ke Tarakan lebih murah daripada ke Berau.

Di sana tersedia penerbangan langsung dari Jakarta ke Tarakan. Jika Anda memilih untuk menuju Tarakan, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menempuh waktu 3-4 jam mengarungi lautan dengan speed boat.

Hal yang Harus Dilakukan Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

Kehidupan bawah laut yang menakjubkan dari kura-kura raksasa, lumba-lumba, pari manta, duyung dan barakuda, ubur-ubur tanpa sengat dan terkadang, paus juga ada di sini. Di Kepulauan Derawan, Anda dapat menemukan 460 spesies karang yang berbeda.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di pulau-pulau, di antaranya :

  • Anda dapat menjelajahi setiap pulau yang ada dengan menyewa perahu motor. Total ada 31 pulau kecil yang bisa dikunjungi di sini.
  • Menjelajahi desa juga akan menjadi pilihan yang baik. Di Pulau Derawan terdapat perkampungan nelayan kecil dengan deretan rumah panggung yang sebagian besar dibuka untuk berbagai tempat usaha. Anda juga dapat berbelanja oleh-oleh buatan masyarakat Dayak setempat, atau mencoba buah elai (buah tropis seperti buah durian tetapi berukuran lebih kecil) atau membeli ikan kering.
  • Kepulauan Derawan juga terkenal sebagai tempat bertelur terbesar bagi penyu hijau. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana penyu ini keluar dari laut pada malam hari dan bertelur.
  • Menyelam dan snorkeling adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan selama menginap. Penyelam yang tidak bersertifikat dapat menikmati keanekaragaman hayati Derawan dengan mengikuti scoutdiving atau fun diving, ditemani oleh master diver. Tempat menyelam yang terkenal adalah Maratua, Nabucco dan Sangalaki.

Kepulauan Derawan Kalimantan Timur adalah pesona Indonesia yang sayang sekali jika Anda lewatkan. Wisata Derawan ini merupakan salah satu kekayaan Indonesia yag patut dibanggakan.

Demikianlah informasi singkat tentang Pulau Derawan Kalimantan Timur. Semoga informasi bermanfaat dan terima kasih.

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.