Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

laptop tiba-tiba mati

Pastinya sangat menjengkelkan saat laptop tiba-tiba mati sendiri, terlebih saat anda sedang mengerjakan tugas ataupun bermain game. Lantas apa sih yang menyebabkan laptop mati dengan sendirinya itu? Kondisi laptop seperti itu ada banyak penyebabnya, salah satunya adalah masalah hardware, software, tegangan listrik, atau terdapat masalah pada monitor itu sendiri, dan lain sebagainya.

Biasanya sih laptop tiba-tiba mati sendiri itu bisa terjadi saat baru beberapa menit latop dihidupkan, tiba-tiba mati dengan sendirinya padahal baterai penuh. Bisa juga terjadi saat sedang asyik bermain game tiba-tiba laptop mati dengan sendirnya. Bahkan bisa juga terjadi saat sedang mengerjakan tugas tiba-tiba mati dengan sendirinya padahal sedang di charger.

Untuk tau cara mengatasi laptop mati sendiri itu, kita harus tau dahulu apa penyebabnya, setelah itu baru mencari solusinya. Disini, Teknobaik.com akan menjelaskan berbagai macam penyebab dan cara mengatasinya yang akan diulas secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati

Mungkin pada setiap laptop berbeda-beda terkait penyebab laptop mati sendiri itu. Namun, di bawah ini ada beberapa hal umum yang biasanya menjadi penyebab laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Panas Berlebihan

Panas yang berlebihan pada laptop dapat memicu laptop mati dengan sendirinya. Para perusahaan laptop, seringkali membuat mekanisme shut down otomatis apabila laptop mengalami panas berlebihan.

Dimasa depan, laptop yang mengalami masalah panas berlebihan akan semakin berkurang dengan teknologi yang semakin canggih, terutama pengelolaan dalam mengelola panas pada laptop. Namun, tetap saja kita harus merawat laptop untuk menjaga agar lebih tahan lama.

2. RAM Rusak

RAM yang rusak juga merupakan salah satu faktor laptop mati sendiri. RAM yang rusak juga sangat menggangu performa laptop anda yang kian lemot.

Jika hal ini terjadi pada laptop anda, ada baiknya segera melakukan penggantian RAM karena jika terlalu lama memaksakan RAM laptop yang rusak akan menyebabkan komplikasi kerusakan pada laptop anda.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Langkah Mudah

3. Baterai Laptop Rusak

Tentu saja baterai rusak akan menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiri. Biasanya kerusakan seperti ini baterai sudah di charger penuh, namun beberapa menit kemudian langsung habis ataupun baterai sudah tidak mau di charger lagi karena penampungan daya listriknya sudah rusak.

Jika sudah begitu, memang membeli baterai baru adalah solusi paling jitu dalam mengatasi laptop mati sendiri yang diakibatkan baterai laptop rusak.

4. Procesor Rusak

Procesor adalah otak dari laptop. Jadi, ketika procesor sudah rusak, tentu sangat berdampak pada yang lain. Salah satunya adalah laptop sering mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu, perawatan pada procesor sangat dianjurkan demi performa laptop anda yang terus terjaga.

5. Mainboard Rusak

Salah satu penyebab laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya adalah masalah pada mainboard. Kejadian seperti ini biasanya terdapat pada laptop yang sudah berumur atau penggunaan yang terus menerus dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati

Setelah anda tau penyebab laptop mati sendiri, di bawah ini kami akan share cara mengatasinya. Berikut ini ulasannya!

1. Ganti Perangkat yang Rusak

Sebagaimana pembahasan di atas, mengganti perangkat yang rusak adalah solusi jitu yang kami rekomendasikan seperti mengganti RAM, Procesor, Baterai, dan Mainboard. Dengan melakukan hal ini, kita dapat memastikan bahwa perangkat tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Tentunya sebelum benar-benar diganti, anda harus pastikan dahulu bahwa yang ingin anda ganti itu benar-benar rusak. Jangan sampai setelah anda ganti, tapi tidak menyelesaikan masalah.

2. Perbaiki Sistem Pendingin Laptop

Selain mengganti perangkat yan rusak, memperbaiki sistem pendingin laptop adalah cara jitu untuk mengatasi masalah laptop tiba-tiba mati sendiri. Mungkin dimulai dengan membersihkan bagian-bagian untuk mendinginkan laptop, dan jika anda kesulitan mungkin bisa meminta bantuan teknisi untuk memperbaikinya.

Oh iya, bila perlu anda menggunakan kipas laptop eksternal. Ya walaupun cukup repot untuk dibawa, namun cara ini juga memiliki dampak yang signifikan loh.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop dengan Benar

Setiap laptop tentunya memiliki perbedaan dan keunikan tersediri, jadi anda pastikan dahulu laptop anda memiliki masalah yang mana agar lebih gampang mencari solusinya. Saran kami, jika anda kesulitan mungkin bisa meminta bantuan teknisi yang sudah berpengalaman. Tentunya semakin cepat diperbaiki, akan semakin bagus.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang penyebab dan cara mengatasi laptop tiba-tiba mati. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *