Cara Menulis Arab di Word Beserta Harakatnya pada Komputer

cara menulis arab

Menulis huruf Arab di komputer khususnya pada aplikasi Microsoft Word ternyata sangat mudah dilakukan loh. Jika anda sedang mendapat tugas kampus atau sekedar ingin belajar menulis huruf arab, anda tidak perlu pusing lagi karena saya akan menulis panduannya di bawah ini dengan cara yang mudah dipahami.

Selain fitur bahasa arab yang terdapat pada komputer telah diaktifkan, syarat mutlak agar bisa menulis arab dengan baik dan benar adalah anda memahami ejaan pada penulisan bahasa arab.

Hal ini dikarenakan, jika anda tidak memahami ejaan bahasa arab tentu saja akan berdampak saat penulisannya. Sepengatahuan saya sih, tulisan arab ini jika beda huruf atau harakat bisa menyebabkan salah arti.

Jika anda sudah memahami ejaan bahasa arab atau sekedar ingin belajar menulis arab pada komputer. Silahkan simak penjelasan di bawah ini ya.

Cara Menulis Huruf Arab di Word

Sebelum kita sama-sama belajar menulis huruf arab di komputer, pada tulisan ini saya menggunakan Windows 10 dan Microsoft Word 2010. Mungkin ada sedikit perbedaan apabila anda menggunakan versi lainnya, tapi pada intinya sih sama saja karena hanya terdapat perbedaan dari segi tampilannya saja. Berikut ini panduan selengkapnya!

1. Menambahkan Bahasa Arab pada Komputer

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum memulai menulis huruf arab adalah menambahkan bahasa arab di komputer. Caranya… Silahkan masuk ke menu Pengaturan / Windows Settings kemudian pilih menu Time & Language.

Selanjutnya klik sub menu Language yang berada di sebelah kiri, kemudian akan muncul beragam fiturnya di sebelah kanan. Langsung aja deh klik Add a Language untuk menambahkan bahasa baru.

Untuk memudahkan pencarian bahasa yang diinginkan, di kolom pencarian silahkan ketik Arabic Saudi kemudian klik pada hasil pencariannya. Lalu klik Next dan Install.

Jika prosesnya sukses, maka pada daftar bahasa akan langsung muncul bahasa baru seperti gambar di bawah ini. Untuk mengganti huruf arab pada komputer, silahkan klik bahasa pada Taskbar, kemudian pilih huruf arab. Sampai pada tahap ini, anda sudah bisa menulis huruf arab di komputer. Coba deh buka Microsoft Word.

Karena pada umumnya tombol keyboard yang ada di Indonesia bertuliskan huruf abjad yang kita kenal seperti sekarang, maka untuk mempermudah dalam pengetikan huruf arab kita wajib menggunakan On-Screen Keyboard yang secara otomatis akan menjadi huruf arab. Anda bisa temukan On-Screen Keyboard di Start > Windows Ease of Acces > On-Screen Keyboard atau bisa langsung tulis On Screen Keyboard dalam kolom pencarian.

Tips : Untuk menulis huruf arab di Microsoft Word saya sarankan sih selalu menggunakan rata kanan (CTRL + R).

Agar tulisan arab menjadi rapi, anda perlu membaca artikel ini tentang cara mengatur margin dan mengatur spasi di word.

2. Menambahkan Harakat pada Saat Pengetikan

Cara menambahkan harakat mudah kok, berikut ini beberapa daftar kode yang bisa anda gunakan untuk menambahkan harakat di Microsoft Word.

  • Shift + Q = Fathah
  • Shift + A = Kasrah
  • Shift + X = Sukun
  • Shift + E = Dammah
  • Shift + S = Kasrah Tanwin
  • Shift + R = Dammah Tanwin
  • Shift + W = Fathah Tanwin
  • Shift + ~ = Tasydid

Anda bisa gunakan kode di atas setelah huruf diketik ya, maksudnya posisi kursor harus berada sesudah huruf yang hendak diberi harakat. Paham bukan?

Oh iya, untuk menambahkan harakat lainnya yang tidak terdapat pada kode di atas. Anda bisa mencarinya dalam daftar simbol yang telah disediakan oleh Microsoft Word. Caranya klik Insert > Symbol > More Symbol.

Oh iya, anda juga bisa menulis arab di smartphone loh. Saya sudah pernah mengulasnya juga di postingan sebelumnya. Ingin tau? Silahkan baca cara menulis huruf arab di HP.

Di atas telah saya uraikan secara lengkap tentang cara menambahkan huruf arab di komputer yang bisa anda gunakan untuk menulis arab di Microsoft Word ataupun aplikasi lainnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca tulisan ini hingga akhir.

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *