Cara Mengunci Folder di Laptop Windows dengan Mudah

kunci folder

Untuk sobat tekno yang ingin mengetahui cara mengunci folder di laptop pada sistem operasi Windows. Saat ini anda sudah berada pada blog yang tepat, simak ulasan kami hingga akhir agar anda paham dengan informasi yang kami bagikan.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi seperti sekarang ini, laptop atau komputer benar-benar sangat membantu dalam banyak hal, mulai dari bekerja, tugas kuliah, tugas sekolah, dan lain sebagainya yang kemudian data / file penting nan privasi itu tersimpan rapi di dalam laptop / komputer anda.

Bagi sebagian orang, pasti ada saja yang tidak menginginkan data atau file penting di laptop itu dilihat oleh orang lain. Maka dari itu, mengamankan data-data penting merupakan sebuah kewajiban yang bisa anda coba.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengamankan data penting tersebut, salah satunya yang kami rekomendasikan yaitu dengan cara mengunci folder di laptop. Tenang saja, cara ini tidak membutuhkan software tambahan, anda hanya perlu mengikuti panduan yang akan kami berikan di bawah ini.

Laptop anda sering error dan hang? Coba baca Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 7, 8, dan 10

Cara Mengunci Folder di Laptop Pada Windows 7, 8, 10

Seperti yang telah kami jelaskan di atas tadi, di bawah ini kami akan share cara mengunci folder di laptop tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa anda coba.

  • Langkah pertama adalah anda buat dulu folder yang ingin anda kunci itu, dalam panduan ini kami buat folder dengan nama Teknobaik.
  • Masuk ke folder yang anda buat tadi, kemudian buat file text baru dengan cara Klik Kanan > New > Text Document
cara mengunci folder di laptop
  • Kemudian masukkan Script Code di bawah ini ke dalam Text Document.

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “HTG Locker”
attrib +h +s “HTG Locker”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL
attrib -h -s “HTG Locker”
ren “HTG Locker” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

  • Ganti tulisan PASWORD_DISINI dengan pasword yang anda inginkan ya. Sebagai contoh, kami menggunakan Teknobaik sebagai pasword Folder Teknobaik itu.
  • Setelah mengganti pasword, silahkan anda save script itu dengan cara Save As dan beri nama Locker.bat dan ganti Save As Type menjadi All Files
mengunci folder laptop
  • Setelah anda membuat folder Locker.bat, silahkan anda hapus file New Text Document
mengunci folder windows
  • Langkah selanjutnya, klik dua kali file Locker tadi, maka secara otomatis akan muncul folder bernama Private. Nah! Fungsi Folder Private ini adalah untuk menyimpan data atau file penting anda yang tidak ingin dilihat oleh orang lain. Silahkan masukkan data atau file penting itu ke dalam Folder Private ya.
cara mengunci folder di windows
  • Setelah anda selesai memasukkan data atau file penting ke dalam Folder Private. Langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan File Locker tadi, caranya dengan klik dua kali. Setelah itu, anda pasti akan melihat tampilan seperti di bawah ini, tekan tombol Y kemudian Enter.
cara mengunci folder di laptop windows
  • Setelah anda klik Enter tadi, maka secara otomatis Folder Private (tempat menyimpan data / file penting anda) akan hilang.
  • Tenang saja, folder tersebut tidak benar-benar hilang kok. Untuk mengambalikannya caranya sangat mudah yakni tinggal dua kali di file locker, kemudian masukkan pasword yang anda buat tadi untuk membukanya
cara mengunci folder di laptop windows 10
  • Bukan sulap bukan sihir, Folder Private muncul kembali. Hore!!!

Laptop anda mulai lemot? Coba baca Cara Mengatasi Laptop Lemot

Lupa Paswordnya? Begini Mengatasinya!

Jika anda lupa pasword karena terlalu lama menguncinya, cara mengatasinya yaitu dengan klik kanan, kemudian pilih Edit. Anda bisa melihat dengan mudah paswordnya, atau anda bisa juga ganti pasword agar lebih mudah mengingatnya. Cara ganti pasword sama saja seperti yang telah kami jelaskan pada point di atas.

mengunci folder rahasia

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara laptop di folder pada sistem operasi Windows 7, 8, 10. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *