Mudah! Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

cara mengembalikan file yang terhapus permanen

Kehilangan file penting di laptop tentu saja akan membuat anda panik. Entah itu terhapus oleh virus ataupun tanpa sengaja menghapusnya. Namun anda harus tetap tenang dan santai, karena di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan mudah.

Mengembalikan file yang terhapus saat ini memang bukan sesuatu yang sulit. Hal ini disebabkan dengan semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi informasi dalam beberapa tahun belakangan ini.

Anda mengalami masalah laptop yang super lemot? Coba baca ini, Cara Mengatasi Laptop Lemot

3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Sebenernya ada banyak sekali cara mengembalikan data yang terhapus itu, namun kami akan memberikan informasi untuk anda yang paling mudah versi kami. Setelah itu, anda bisa memilih mana yang termudah yang bisa anda coba praktekkan di laptop anda. Simak penjelasan kami hingga akhir ya, sob!

1. Melalui Folder Recycle Bin

Anda harus tau, saat anda menghapus data pada Windows, sebenarnya data tersebut tidak benar-benar dihapus loh atau hanya dihapus sementara ditempat penampungan yang bernama Recycle Bin. Yups, di Folder Recycle Bin merupakan fitur bawaan Windows yang otomatis berfungsi sebagai tempat untuk menampung file-file sementara yang terhapus.

Untuk itu, jika anda tanpa sengaja menghapus file penting tadi, anda bisa mencarinya di Folder Recycle Bin. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka Folder Recycle Bin
  • Kemudian cari nama file penting yang anda hapus tanpa sengaja di folder tersebut
  • Jika sudah ketemu, anda bisa klik Restore, maka secara otomatis file tersebut akan kembali ke tempat awal sebelum terhapus.
  • Selesai deh!

Ingin tau informasi selengkapnya tentang Recycle Bin? Silahkan baca : Recycle Bin

2. Melalui Fitur Restore Previous Versions

Jika anda sudah memeriksa Folder Recycle Bin dan belum menemukan file penting yang terhapus itu. Anda bisa coba menggunakan fitur Restore Previous Versions untuk mengembalikan data yang terhapus itu.

Sama seperti cara pertama di atas, cara kedua ini juga cukup mudah dan anda hanya diwajibkan untuk mengaktifkan Restore Point yang terdapat pada laptop anda. Berikut ini langkah-langkahnya!

  • Buka folder yang tadinya untuk menyimpan file penting yang terhapus itu
  • Lalu klik kanan dan pilih Restore Previous Versions
  • Selanjutnya anda pilih Previous Versions
  • Kemudian pilih folder yang ingin anda Restore.
  • Selesai deh!

Keyboard laptop sering error dan tidak berfungsi? Mungkin anda bisa coba Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

3. Gunakan Software Recovery

Jika anda sudah menggunakan kedua cara di atas namun juga belum berhasil menemukan file penting itu. Ada baiknya anda mencoba beberapa software recovery yang bisa anda download di situs penyedia software.

Kami rekomendasikan beberapa software yang biasa dipakai untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop, diantaranya adalah Recuva, Minitool Partition Recovery, PC Inspector File Recovery, dan lain sebagainya. Silahkan anda coba beberapa software tersebut dan semoga setelah menggunakan software tersebut, file anda bisa kembali dengan selamat. Aamiin…

Anda memiliki masalah Flashdisk yang tidak terbaca? Klo begitu silahkan baca Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Demikianlah informasi tentang cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Sekian dan terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *