10 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 7, 8, dan 10

cara mengatasi laptop hang

Laptop yang lancar saat digunakan untuk bekerja ataupun bermain game tentu saja akan membuat nyaman saat digunakan, akan tetapi kenyaman itu bisa saja terganggu karena ada masalah pada laptop anda seperti laptop yang hang. Jika sudah begitu, anda bisa menggunakan cara mengatasi laptop hang yang akan kami share pada tulisan di bawah ini.

Layaknya smartphone, saat ini laptop juga menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian orang di Indonesia. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha, dan lain sebagainya. Hal ini tidak lepas karena laptop sangat membantu berbagai pekerjaan, sehingga menjadi salah satu perangkat yang menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang.

Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dalam beberapa tahun belakangan ini, membuat sebagian pengguna laptop menginstall berbagai macam software tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan. Hal inilah yang memungkinkan laptop menjadi hang, not responding, dan lemot karena kelebihan beban aplikasi.

Baca Juga: Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop yang hang bisa terjadi pada berbagai sistem operasi, baik itu pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 sekalipun. Semuanya bisa mengalami hang kapanpun dan dimanapun, lantas apa sih yang penyebab laptop hang itu? Lalu bagaimana cara mengatasi laptop hang itu? Untuk menjawab kedua pertanyaan itu, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

Di bawah ini akan kami ulas cara mengatasi laptop hang yang benar. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya anda mengetahui dahulu penyebab-penyebab laptop anda menjadi hang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

10 Penyebab Laptop Hang di Windows

1. Kekurangan Memory

Masalah laptop hang yang umumnya terjadi pada setiap laptop adalah karena minimnya RAM yang terpasang pada laptop. Untuk itu, cobalah cek kapasitas memory yang terpasang pada laptop anda, dan jika diperlukan anda bisa mengupgradenya.

2. Terlalu Banyak Program Terinstall

Periksa program apa saja yang terinstall pada laptop anda. Saran kami yaitu anda bisa uninstall / menghapus program-program yang tidak diperlukan atau jarang anda pergunakan.

Ingin menghapus aplikasi / program di laptop anda? Silahkan baca Juga Cara Menghapus aplikasi di Laptop

3. Terlalu Banyak Program yang Berjalan

Hal ini berkaitan erat dengan point no 2 di atas, tentu saja semakin banyak aplikasi yang terinstall, maka secara otomatis semakin banyak pula program yang berjalan ketika Windows startup.

Untuk melihat aplikasi yang berjalan, anda bisa menggunakan tool prosesexpoler. Dengan menggunakan tool itu anda bisa melihat dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak diperlukan.

4. Masalah Pada Hardisk (HDD)

Hardisk merupakan salah satu komponen yang menyebabkan laptop menjadi hang. Masalah laptop hang yang umumnya terjadi karena hardisk diantaranya adalah hardisk low space, terfragmentasi, error / bad sector, dan lain sebagainya.

Jika memang benar terdapat masalah pada Hardisk, salah satu jalan terbaik adalah menggantinya. Anda juga bisa menggantinya dengan SSD yang saat ini tengah hype karena dianggap lebih baik.

Ingin tau perbedaan keduanya? Baca Perbedaan HDD dan SSD berikut ini

5. Temporary File yang Membengkak

Penyebab laptop hang selanjutnya adalah temporary file yang membengkak. Untuk membersihkannya anda bisa jalankan program Disk Cleanup. Langsung saja klik start – run kemudian ketika Disk Cleanup lalu pilih drive yang akan di Cleanup.

6. Terlalu Banyak Security Program

Security program seperti antivirus merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop. Security program tentu saja sangat membantu laptop dalam menangkal virus, namun akan berdampak buruk apabila terlalu banyak program antivirus terinstall di laptop anda.

7. Adanya Virus dan Malware

Bisa disebut ini kebalikan dari point 6, yakni tidak memasang security program seperti antivirus, sehingga laptop anda dimasuki virus dan malware yang berdampak buruk pada laptop anda. Segeralah install antivirus dan setelah itu cobalah hapus virus dan malware yang terdapat pada laptop anda.

8. Terdapat Corrupt pada System Files

Hal ini biasanya terjadi setelah laptop anda terkena virus dan file-file yang terinfeksi tersebut sudah terlanjur rusak atau terhapus oleh virus. Solusi termudah yaitu dengan merepair sistem operasi yang digunakan pada laptop anda.

9. Hardware Overheat

Hardware overheat itu bisa terjadi pada hardisk, procesor, vga card, dan lainnya. Secara umum dapat menyebabkan menurunnya kinerja laptop yang akhirnya laptop menjadi hang, lemot atau bahkan sering restart dengan sendirinya. Untuk dipastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik dan maksimal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

10. Masalah Konektivitas Pada Jaringan

Hal ini biasa terjadi saat traffic jaringan yang tinggi segingga menyebabkan virus mencoba masuk pada sistem laptop. Untuk mengatasinya, cobalah melepas dan pasangkan kembali konektor LAN beberapa waktu kemudian gunakan program port scanner untuk melihat apa saja yang masuk dan keluar dari laptop.

Di atas, sudah kami jelaskan tentang penyebab laptop hang yang paling sering ditemui. Selanjutnya, di bawah ini akan kami ulas tentang cara mengatasi laptop hang. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows

Untuk anda yang ingin mengatasi laptop hang di Windows. Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi hang atau not responding.

1. Mengatasi Laptop Hang saat Booting

  • Langkah pertama adalah anda restart dahulu laptop anda, kemudian masuk ke mode BIOS. Setiap laptop memiliki tombol yang berbeda untuk masuk mode BIOS, anda bisa sesuaikan dengan merk laptop yang anda miliki.
  • Setelah masuk tampilan BIOS, kemudian pilih Advanced BIOS Features dan dilanjutkan dengan mencari BIOS Cache, lalu anda disable.
  • Selanjutnya anda simpan. Selesai deh.

2. Mengatasi Laptop Hang Saat Baru dinyalakan

Saat startup dan akan masuk Windows, terkadang laptop hang secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena beberapa hal diantaranya:

  • Program Windows bermasalah, bisa disebabkan karena corrupt dan virus. Cobalah untuk scan virus dengan antivirus.
  • RAM kotor, Solusinya adalah dengan membersihkan RAM. Ingat! Jangan asal bersihkan RAM secara sembarangan ya, karena bisa berdampak buruk. Jika anda tidak yakin, anda bisa membawanya ke teknisi.
  • Motherboard bermasalah, sama halnya dengan RAM, anda tidak bisa sembarangan memperbaikinya. Jika tidak yakin, anda bisa membawanya ke teknisi.

3. Mengatasi Laptop Hang Saat Bermain Game

Mungkin anda pernah merasakan saat hendak bermain game atau saat bermain game tiba-tiba laptop menjadi hang. Beberapa penyebab lain yang mungkin membuat laptop anda menjadi hang diantaranya adalah

  • Spesifikasi laptop yang kurang memadai
  • Kipas pada laptop mati
  • Hardisk bermasalah
  • Procesor dan VGA card bermasalah atau mengalami kerusakan

Baca Juga: Cara Cek Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Cara mengatasi laptop hang saat bermain game adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan spesifikasi laptop dari game yang anda install
  • Pasang kipas tambahan / eksternal pada laptop anda
  • Periksa keadaan VGA card dan RAM
  • Uninstall game-game yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop anda

4. Mengatasi Laptop yang Not Responding

Anda pasti pernah saat membuka program atau aplikasi tiba-tiba tertulis not responding. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa coba lakukanhal di bawah ini.

  • Tekan CTRL + Shift + Esc, kemudian pilih program / aplikasi yang not responding dan klik end task.
  • Anda juga bisa mencoba alternatif lainnya seperti dengan menekan tombol CTRL + Alt + Delete. Jika ingin mematikan program, pilih task manager dan lakukan seperti penjelasan tadi.
  • Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara di atas dan biasnaya setelah melakukan kedua cara itu, laptop anda akan kembali normal.

Cukup panjang ulasan kami tentang penyebab dan cara mengatasi laptop hang. Anda bisa analisis sendiri pada poin mana laptop anda bermasalah dan anda juga bisa memilih cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *