6 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop / Komputer dengan Mudah

mempercepat koneksi internet

Informasi tentang cara mempercepat koneksi internet ternyata cukup banyak di cari para pengguna laptop dan komputer. Utamanya untuk mereka yang mengandalkan koneksi internet super cepat untuk membantu pekerjaannya.

Hal ini memang wajar, dengan letak geografis yang sangat luas ini. Jangkauan internet cepat masih menjadi mimpi bagi banyak orang. Mungkin jika di pusat kota besar di Indonesia, koneksi internet sudah cukup bagus karena ditunjang infrastruktur yang memadai. Namun, sangat berbeda cerita di pinggiran kota atau bahkan di desa yang koneksi internet naik turun.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Teknobaik ingin memberikan informasi tentang bagaimana cara mempercepat koneksi internet di laptop dan komputer.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop / Komputer

Di bawah ini ada beberapa opsi yang bisa anda pakai untuk mempercepat koneksi internet di laptop dan komputer. Anda bisa pilih opsi yang paling mudah dan sesuai kebutuhan anda. Simak penjelasan kami berikut ini.

1. Ubah Pengaturan Bandwidth Internet

Sistem operasi Windows dibekali dengan beragam fitur, salah satunya adalah pengaturan bandwidth internet. Bandwidth Internet merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan sinyal untuk keperluan transmisi data.

Umumnya sih pada pengaturan default pada laptop anda hanya berkisar 20% saja. Nah, untuk memaksimalkannya, gunakan nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah pengaturan pada Computer Configuration. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka program Run dengan cara klik tombol Logo Windows dan tombol R di keyboard secara bersamaan.
  • Setelah muncul pop up Run, silahkan ketik gpedit.msc pada kolom yang telah disediakan. Lalu klik Ok.
  • Kemudian double klik pada bagian Computer Configuration > Administrative Templates > Network > Qos Packed Scheduler.
  • Kemudian klik pada menu Limit Resevable Bandwidth dan pilih menu Enable. Lalu pada bagian Bandwidth Limit ganti menjadi 0. Lalu klik Ok.
  • Langkah terakhir yaitu silahkan anda restart laptop anda.

Sekalian nih baca panduan tentang Cara Mempercepat Windows 10. Biar makin wus!

2. Ubah DNS Pada Laptop / Komputer

Mempercepat koneksi internet selanjutnya adalah dengan mengubah pengaturan DNS lama pada laptop anda. Anda tau DNS? DNS Merupakan kepanjangan dari Domain Name System yang digunakan untuk melakukan pencarian nama pada laptop / komputer yang menggunakan fasilitas jaringan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Anda bisa mengganti konfigurasi DNS menjadi open DNS atau bisa juga menggunakan DNS Google. Dari beberapa sumber, cara ini bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet sampai 20%. Wuih, lumayan ngebut ya! Untuk selengkapnya, anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Silahkan masuk ke bagian Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Kemudian klik koneksi WiFi yang tersambung pada laptop anda.
  • Pada Wi-fi Status, anda bisa klik Properties.
  • Kemudian klik pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4), lalu klik Properties.
  • Setelah itu pada tab General, pastikan anda mencentang Use the Following DNS server addresses. Lalu ubah DNS, Prefered DNS Server: 208.67.222.222 dan Alternate DNS Server: 208.67.220.220
  • Langkah terakhir adalah klik OK dan silahkan restart laptop anda.

Jika ingin menggunakan DNS dari Google, anda hanya perlu mengganti DNS saja. Prefered DNS Server : 8.8.8.8 dan Alternate DNS Server : 8.8.4.4

3. Aktifkan DNS Cache

Langkah selanjutnya untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan mengaktifkan DNS Cache. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka Notepad, kemudian copy kode berikut ini.

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters] “CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001 “CacheHashTableSize”=dword:00000180 “MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00 “MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d

  • Simpan kode tersebut di Notepad dengan nama dnscache.reg
  • Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi dan buka file tersebut setiap anda browsing internet untuk mempercepat koneksi internet.

Ingin menghapus beberapa aplikasi untuk mempercepat koneksi internet? Silahkan baca : Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

4. Pilih Provider yang Berkualitas

Meski anda sudah menerapkan ketiga cara di atas namun memilih provider yang tidak berkualitas dan sering gangguan. Tentu saja tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, pilihlah provider yang terbukti handal dan berkompeten dalam memberikan jaringan internet di daerah tempat tinggal anda.

Anda juga jangan tergiur dengan harga murah serta promosi yang gila-gilaan, karena harga yang agak mahal pastinya sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan provider tersebut. Setuju?

5. Upgrade Browser

Melakukan upgrade pada browser dengan versi terbaru tentu saja bisa mempercepat koneksi internet pada komputer dan laptop, karena biasanya aplikasi yang tidak update secara berkala akan mengalami penurunan kinerja yang dapat mempengaruhi kecepatan dari koneksi internet.

Selain itu, browser versi terbaru biasanya akan menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk mempercepat koneksi internet. Untuk itu, silahkan cek browser pada laptop dan komputer anda, jika belum di upgrade ke versi terbaru, silahkan upgrade terlebih dahulu.

6. Upgrade Hardware Laptop

Selain memperbarui software seperti browser, anda juga bisa mencoba upgrade hardware untuk mempercepat koneksi internet. Kinerja hardware semakin lama tentu saja akan semakin menurun sehingga anda perlu memperbaiki performa agar semakin meningkat.

Bila perangkat yang anda gunakan seperti RAM, procesor, dan harddisk memiliki kapasitas rendah, maka hal ini akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Untuk itu, anda wajib mempertimbangkan untuk mengganti atau upgarde hardware agar mampu meningkatkan koneksi internet anda. Untuk anda yang ingin cek spesifikasi laptop anda, silahkan baca Cara Cek Spesifikasi Laptop

Demikianlah informasi tentang cara meningkatkan koneksi internet di laptop dan komputer. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *