Cara Membuat Label Undangan di Word, Bisa Langsung Print!

cara membuat label undangan

Cara Membuat Label Undangan – Ketika membuat nama dan alamat pada kartu undangan biasanya menggunakan kertas label agar lebih praktis. Kertas label itu seperti kertas polos yang dapat ditulis dan ditempel pada kartu undangan. Pasti pernah melihat atau bahkan mendapatkan undangan dari seseorang dong? Ya begitulah kira-kiranya.

Jika kartu undangan sedikit sih tidak akan menjadi masalah apabila label undangan ditulis dengan tangan. Akan tetapi jika kartu undangan banyak banget, bisa dibayangkan pegelnya tangan untuk menulis satu persatu label undangan. Oleh karena itu, saya sarankan sih anda wajib menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Aplikasi yang umum digunakan adalah Microsoft Word.

Oh iya, pada umumnya sih label undangan yang biasa digunakan dalam membuat kartu undangan adalah nomor 103 dan 121. Dalam 1 lembar kertas label terdiri dari 12 label, yang artinya dalam 1 lembar label tersebut, anda bisa menempelkan label sebanyak 12 kartu undangan.

Untuk masalah harga sih, saya lihat di beberapa marketplace relatif murah loh. Gak sampai 10 ribuan. Bahkan… jika anda tidak mau ribet, anda bisa order cetak label undangan via online. Untuk anda yang ingin belajar cara membuat dan print label undangan di Microsoft Word. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Ingin membuat diagram batang dengan mudah? Silahkan baca cara membuat diagram batang di Word.

1. Membuat Template Label Undangan

Sebelum membuat label undangan nomor 103 yang sesuai dengan ukuran label aslinya. Anda harus membuat template label undangan terlebih dahulu untuk memudahkan dalam membuat label undangan selanjutnya.

Silahkan buka aplikasi Microsoft Word dan buat dokumen baru. Silahkan klik pada Mailings > Labels, lalu pada jendela Envelopes and Labels kemudian klik Option.

Lalu akan muncul jendela Label Options, silahkan klik New Label.

Nanti akan muncul jendela Labels Detail, silahkan isi setiap kolom sesuai dengan ukuran label yang sesungguhnya. Nanti hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Keterangan :

  • Label Name : Silahkan isi dengan nama label yang ingin anda buat. Pada contoh di atas, saya mengisi dengan nama “Label Teknobaik.com
  • Top Margin : Silahkan isi dengan jarak margin atas. Maksudnya, batas jarak antara pinggir atas kertas hingga pinggir label pertama pada bagian atas.
  • Side Margin : Silahkan isi dengan jarak margin disamping. Batas jarak antara pinggir samping kertas sampai pinggir label pada bagian samping.
  • Vertical Pitch : Silahkan isi dengan tinggi label ditambah jarak vertikal dengan label ketiga.
  • Horizontal Pitch : Silahkan isi dengan lebar label ditambah dengan label kedua.
  • Label Height : Silahkan isi dengan tinggi label.
  • Label Width : Silahkan isi dengan lebar label.
  • Number Across : Silahkan isi dengan jumlah kolom.
  • Number Down : Silakan isi dengan jumlah baris.
  • Page Size : Disini anda bisa pilih Custom.
  • Page Width : Silahkan isi dengan lebar kertas label.
  • Page Height : Silahkan isi dengan tinggi kertas label.

Setelah semua kolom diisi sesuai dengan ukuran label sesungguhnya, silahkan klik OK. Kemudian anda akan diarahkan kembali pada jendela Envelopes anda Labels. Disini anda bisa melihat format label yang baru saja anda atur. Lalu klik New Document.

Kemudian secara otomatis akan muncul dokumen baru dengan format yang sesuai dengan template label undangan. Template label undangan telah berhasil dibuat, sekarang waktunya memasukkan data agar label undangan otomatis siap cetak.

Masih bingung membuat nomor halaman di Word? Silahkan baca panduannya berikut ini tentang cara membuat nomor halaman.

2. Membuat Data Label Undangan di Excel

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat list nama penerima undangan melalui Microsoft Excel. Baik itu undangan pernikahan, khitanan, atau acara lainnya biasanya format penulisan pada label undangan adalah Nama Penerima Undangan dan Alamat. Bukan begitu sob?

Kemudian, buatlah daftar nama undangan dan alamat dengan menggunakan lembar kerja Microsoft Excel. Jangan lupa disimpan ya, sob!

3. Memasukkan Data Excel ke Template Label di Word

Langkah terakhir adalah dengan menggabungkan data yang tadi telah kita buat di Microsoft Excel dengan template label pada Microsoft Word. Caranya… Silahkan klik Mailings > Select Recipients > Use Exiting List.

Anda akan diarahkan pada jendela explorer. Silahkan cari file excel yang berisi list nama penerima undangan yang telah anda disimpan. Kemudian klik Open.

Selanjutnya akan muncul jendela Select Table. Disinilah yang akan secara otomatis mengidentifikasi adanya tabel pada file. Silahkan pilih tabel yang sebelumnya telah dibuat di Sheet1 kemudian klik OK.

Anda akan diarahkan kembali pada halaman Word. Silahkan pilih Mailings > Insert Merger Field > Nama.

Selanjutnya field nama akan terisi secara otomatis seperti gambar di bawah ini.

Lakukan juga hal yang sama untuk alamatnya. Caranya seperti tadi dengan klik Mailings > Insert Merger Field > Alamat. Oh iya, sebelumnya anda bisa tambahkan kata “Di” di bawah label nama ya.

Langkah selanjutnya adalah dengan menyalin atau mengcopy seluruh field di label pertama dan tempelkan / pastekan di label kedua seperti gambar di bawah ini.

Untuk membuat agar Microsoft Word bisa mengurutkan nama dan alamat sesuai dengan data yang telah kita buat di Excel. Silahkan posisikan kursor pada label kedua sebelum field nama. Selanjutnya langsung saja memilik Mailings > Rules > Next Record.

Dan untuk kolom lainnya, silahkan copy saja dari kolom kedua ya, sob. Lalu… untuk mempercantik label undangan, ada baiknya sih untuk memposisikan semua field menjadi rata tengah. Caranya blok semua field (CTRL + A) kemudian dilanjutkan dengan CTRL + E. Sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya, untuk merubahnya menjadi nama dan alamat yang sesuai data yang diketik lembar kerja Excel. Silahkan klik Mailings > Finish & Merge > Edit Individual Documents > lalu pilih All > kemudian klik OK. Selesai deh!

Apabila data pada lembar kerja Excel lumayan banyak, biasanya sih prosesnya cukup lama dan terkadang menyebabkan aplikasi Microsoft Word mengalami Not Responding. Tapi and tidak perlu khawatir, karena hal itu wajar-wajar saja kok. Tunggu hingga prosesnya selesai dan label undangan siap untuk dicetak.

Agar label undangan lebih menarik, mungkin bisa ditambahkan gambar-gambar lucu. Mau tau caranya? Silahkan simak penjelasan berikut tentang cara mengatur posisi gambar di Word.

4. Print Label Undangan

Untuk menghindari kesalahan dalam mencetak label undangan, pastikan anda mengatur ukuran kertas sesuai dengan ukuran label undangan. Untuk mengatur ukuran kertas, biasanya sih terletak pada Properties pada pengaturan printer anda. Untuk lebih mudahnya sih langsung saja klik CTRL + P.

Jika sudah mengaturnya, saya sarankan untuk tidak langsung mencetak di kertas label undangan. Akan tetapi untuk mencobanya dikertas biasa terlebih dahulu. Jika sudah yakin, barulah eksekusi di kertas label undangan.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat label undangan di Word. Jika ada yang kurang dimengerti terkait tutorial di atas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Terima kasih dan semoga berhasil.

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *