Panduan Lengkap Cara Membuat Kop Surat Resmi di Microsoft Word

cara membuat kop surat

Membuat kop surat resmi di Microsoft Word sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti panduan selengkapnya di bawah ini.

Kop surat atau kepala surat memiliki fungsi sebagai identitas sebuah lembaga atau perusahaan yang bertujuan memberikan informasi melalui surat atau dokumen tertentu. Biasanya sih dalam kop surat itu terdapat informasi seperti identitas lembaga, logo, alamat lengkap, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Dulu, sebelum perangkat komputer atau aplikasi Microsoft Word menyebar ke hampir setiap lapisan masyarakat Indonesia. Kop surat resmi biasanya dibuat melalui percetakan dalam jumlah yang banyak, dan lembaga atau instansi tinggal menggunakannya saja. Untuk urusan pengetikan sendiri masih menggunakan mesin ketik.

Itu sih cerita dulu ya, untuk saat ini sih untuk membuat kop surat cukup dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, kemudian di print ketika dibutuhkan saja. Sangat simpel dan praktis deh!

Agar tulisan menjadi rapi dan enak dibaca. Anda wajib menerapkan cara mengatur spasi di word.

Cara Membuat Kop Surat

Ada banyak versi Microsoft Word yang bisa anda gunakan untuk membuat kop surat itu seperti Microsoft Word 2003, 2006, 2006, 2010, 2016, dan lain sebagainya.

Dalam membuat panduan membuat kop surat ini saya menggunakan Microsoft Word 2010. Untuk anda yang menggunakan versi lain, masih bisa juga kok menggunakan panduan di bawah ini karena hanya terdapat perbedaan pada tampilannya saja.

Berikut ini langkah-langkah membuat kop surat resmi di Microsoft Word 2010.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Silahkan klik dua kali pada bagian atas dokumen untuk mengaktifkan fungsi header. Kemudian centang Different First Page yang fungsinya agar kop surat hanya muncul dibagian halaman pertama saja.cara membuat kop surat 2010
  3. Tulis profil lembaga atau instansi anda dengan lengkap, kemudian atur posisinya ditengah dengan Align Center seperti gambar di bawah ini.cara membuat kop surat di word
  4. Kemudian masukkan logo instansi atau lembaga disebelah teks profil yang tadi kita buat. Caranya : klik menu Insert, pilih picture dan cari lokasi penyimpanan logo tersebut. Setelah logo tampil, agar logo mudah diatur posisinya, klik kanan pada logo kemudian pilih Text Wrapping Pilih In Front Of Text.
  5. Biasanya sih kop surat menggunakan garis (border) dibagian bawah teks dan logo. Caranya : letakkan kursor dibawah teks kemudian klik Home > klik Icon Border & Shading. Lalu pilih Border dan pilih jenis border pada style. Setelah itu dibagian Preview klik border kiri, kanan dan atas untuk menghilangkan border yang tidak dibutuhkan. Lalu klik OK.border and shading kop surat
  6. Hasilnya seperti tampilan kop surat di bawah ini. Mantap bukan? Hehecara membuat kop surat resmi

Di atas adalah proses pembuatan kop surat resmi menggunakan Microsoft Word 2010. Untuk anda yang menggunakan versi lainnya tinggal menyesuaikan tata letak menu saja. Semoga berhasil!

Untuk menghemat tinta warna dalam proses print kop surat yang biasanya memiliki logo berwarna. Mungkin anda bisa gunakan cara print warna menjadi hitam putih berikut.

Contoh Kop Surat Resmi

Setelah anda tau proses pembuatan kop surat resmi menggunakan Microsoft Word, di bawah ini akan saya share beberapa contoh surat resmi lembaga atau instansi sebagai referensi anda membuat kop surat.

Contoh Kop Surat Dinas Pendidikancontoh kop surat dinas pendidikan

Contoh Kop Surat Pemerintah Propinsicontoh kop surat pemerintah provinsi

Contoh Kop Surat Perusahaancontoh kop surat perusahaan

Contoh kop surat di atas saya ambil dari berbagai sumber di Google Image. Silahkan anda mencari contoh kop surat yang bisa anda gunakan sebagai bagan belajar atau referensi membuat kop surat resmi.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat kop surat resmi menggunakan aplikasi Microsoft Word. Jika panduan di atas bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya kepada teman-teman anda ya. Terima kasih!

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *