Cara Burning CD di Windows 7, 8, dan 10 Tanpa Software

cara burning cd

Memasukkan file berupa dokumen, foto, video atau yang lazim disebut burning merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, meskipun tanpa bantuan software tambahan sekalipun. Lantas bagaimana cara burning CD itu?

Mungkin kebanyakan dari kita saat akan melakukan burning akan mencari software terlebih dahulu seperti Nero, PowerISO atau lain sebagainya saat hendak melakukan burning CD. Memang tidak salah sih jika anda menggunakan software tersebut, tapi ternyata ada cara yang lebih simpel lagi untuk melakukan burning CD itu yakni memanfaatkan fitur yang tersedia pada sistem operasi Windows. Semua bisa dilakukan!

Cara Burning CD Tanpa Software

Sebelum melakukan burning CD atau DVD, tentu saja anda wajib menyiapkan terlebih dahulu CD blank-nya terlebih dahulu, kemudian silahkan masukkan ke dalam CD Drive pada perangkat yang anda gunakan.

Jika sudah, berikut ini langkah-langah untuk melakukan burning CD pada Windows 7, 8, dan juga 10. Simak ulasannya hingga selesai ya!

1. Burning CD di Windows 7

Meski telah dirilis beberapa tahun yang silam, nyatanya Windows 7 masih banyak digunakan banyak orang di Indonesia. Lantas, bagaimana cara burning CD di Windows 7 itu?

Laptop anda sedang bermasalah? Segera atasi dan ketahui dengan cara mengatasi laptop hang.

Cara Burning CD di Windows 7

  1. Setelah anda memasukkan CD/DVD ke dalam CD/DVD Drive. Silahkan buka Windows Explorer, kemudian pindahkan file yang akan kita burning ke dalam CD/DVD itu.
  2. Selanjutnya klik kanan pada CD/DVD Drive lalu pilih Burn to disc.cara membakar cd
  3. Kemudian akan muncul Prepare to Disc, silahkan anda ganti nama file dibagian Disc Title. Lalu klik Next untuk proses selanjutnya.cara burning cd di windows 7
  4. Anda hanya tinggal menunggu prosesnya selesai. Lama waktu proses burning sangat bergantung pada besar kecilnya file yang dimasukkan dan juga spesifikasi dari perangkat yang anda gunakan.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara burning CD di Windows 7. Kami sudah punya video tutorialnya di bawah ini.

2. Cara Burning CD di Windows 8 dan Windows 10

Meski berbeda versi, fitur burning CD pada kedua sistem operasi ini bisa disebut sama persis. Jadi, tidak ada salahnya kami satukan menjadi satu panduan.

Ada virus pada laptop anda? Atasi segera dengan cara menghilangkan virus di laptop paling ampuh versi teknobaik.

Cara Burning CD di Windows 8 dan Windows 10.

  1. Setelah anda memasukkan CD/DVD ke dalam CD/DVD Drive. Silahkan cari file yang ingin anda masukkan ke dalam CD/DVD itu.
  2. Silahkan klik kanan dan pilih Send to > DVD RW Drive (F:).cara burning cd windows 10
  3. Nanti akan muncul jendela Burn a Disc. Silahkan anda ganti judul disc-nya dengan nama yang anda inginkan pada bagian Disc Title. Lalu pilih With a CD/DVD player. Selanjutnya klik Next.cara burning cd di windows 10
  4. Langkah selanjutnya pergi ke CD/DVD Drive yang berada di This PC. Setelah itu klik Finish Burning yang berada di bagian Manage.burning cd r
  5. Kemudian jendela baru akan muncul lagi seperti gambar di bawah ini. Anda bisa ubah judulnya lagi jika mau dibagian Disc Title. Lalu klik Next.burning cd
  6. Langkah terakhir adalah menunggu proses burning ke CD/DVD selesai. Sama seperti tadi, lamanya waktu proses dipengaruhi oleh besar kecilnya file dan spesifikasi dari perangkat yang anda gunakan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa ikuti video panduannya berikut ini.

Kesimpulan

Meskipun kalah populer dengan Flashdisk, menyimpan atau membackup data di CD/DVD masih cukup banyak diminati dengan berbagai keunggulannya.

Selain karena harganya yang relatif murah, juga karena data yang disimpan di CD-R/DVD-RW ini terbilang bisa bertahan selama puluhan tahun jika disimpan dengan baik.

Oh iya, selain cara yang simpel seperti di atas. Anda juga bisa melakukan burning CD dengan bantuan software tambahan seperti Nero, PowerISO, CDBurnerXP, Ashampoo Burn, dan lain sebagainya. Akan tetapi, rasanya hal itu tidak diperlukan deh jika anda sudah bisa melakukan burning CD seperti yang telah dijelaskan dalam panduan di atas. Jadi, semoga berhasil.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih dan selamat mencoba!

About Rifqi Ash Shidqi

Seorang blogger yang tertarik dengan dunia teknologi.

View all posts by Rifqi Ash Shidqi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *